Hujan 3 Jam, Banjir Rendam Permukiman dan Jalan di Polewali Mandar

Huzair Zainal ยท Senin, 20 Januari 2020 - 12:55 WIB
Hujan 3 Jam, Banjir Rendam Permukiman dan Jalan di Polewali Mandar
Warga melihat-lihat kondisi di dalam rumahnya yang terendam banjir. (Foto: iNews/Huzair Zaenal).

MAKASSAR, iNews.id - Banjir merendam sejumlah wilayah di Kecamatan Polewali, Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat (Sulbar). Peristiwa itu terjadi Senin (20/1/2020) dini hari setelah hujan deras mengguyur daerah tersebut selama tiga jam terakhir.

Tercatat ada tiga desa/keluarahan yang terdampak banjir cukup parah. Antara lain, Kelurahan Polewali, Kelurahan Wattang, Kelurahan Pekkabata dan Desa Patambanu.

"Iya, ini cukup parah banjir kali ini," kata seorang warga, Aslam, kepada iNews di depan rumahnya, Kelurahan Polewali, Kecamatan Polewali, Kabupaten Polman, Sulbar.

BACA JUGA: Satu Desa Terdampak Banjir dan Longsor di Lebak Terisolasi, Bupati: Harus Direlokasi

Namun, dia mengaku, kawasan perumahannya memang rawan banjir. Sebab, setiap kali hujan air sungai meluap. Kondisi ini diduga karena drainase permukiman warga yang buruk.

Bukan hanya rumah-rumah warga, banjir juga merendam akses jalan. Di antaranya, Jalan Olahraga, Jalan Kemakmuran, Jalan Olahraa area Sarampu, dan sekitar wilayah Tanro.

BACA JUGA: Banjir di Samarinda 3 Hari Belum Surut, Warga Butuh Bantuan Makanan dan Obat-Obatan

"Ketinggian air berbeda-beda. Tapi paling parah di sini sampai 90 sentimeter, atau mencapai paha orang dewasa," ujarnya.

Warga berharap, pemerintah daerah (pemda), dapat membuat solusi banjir dengan membangun sistem drainase yang baik. Dengan begitu, setiap kali hujan mereka tak khawatir terjadi banjir.

"Karena kondisi seperti ini sudah setiap tahun," kata dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal