Hipnotis Penjaga Toko di Tator Sulsel, 2 WNA Iran Rampas Uang Rp12 Juta

Jufri Tonapa ยท Selasa, 30 Juli 2019 - 16:25:00 WITA
Hipnotis Penjaga Toko di Tator Sulsel, 2 WNA Iran Rampas Uang Rp12 Juta
Polisi menangkap 2 WNA asal Iran pelaku hipnotis di Tator Sulsel. (Foto: iNews/Jufri Tonampa).

TATOR, iNews.id - Polisi menangkap dua orang warga negara asing (WNA) yang diduga mencuri dengan modus hipnotis di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel). Para pelaku berhasil membawa kabur uang Rp12 juta dari tangan korbannya.

Kasat Reskrim Polres Tana Toraja, AKP Jon Paerunan mengatakan, kedua WNA tersebut berasal dari Iran. Aksi mereka dilakukan dengan berpura-pura belanja di sebuah toko, kemudian membawa kabur uang milik korban.

"Keduanya sudah kami tahan, dan telah ditetapkan sebagai tersangka," kata Jon kepada wartawan di Kabupaten Tana Toraja (Tator), Sulsel, Selasa (30/7/2019).

Menurut keterangan korban, para pelaku tersebut awalnya mendatangi toko di kawasan Makale sambil berpura-pura ingin belanja. Saat berinteraksi dengan mereka, tiba-tiba saja korban hilang kesadaran, dan pelaku pun melancarkan aksinya.

Ketika sadar dan mengetahui uang miliknya hilang, korban langsung melaporkan ke polisi. Tak lama, kedua WNA tersebut langsung diamankan beserta barang bukti, yakni uang hasil rampasannya senilai Rp12 juta.

"Uang yang berhasil diambil pelaku dari tangan korban sebesar Rp12 juta. Kini barang bukti tersebut sudah kami amankan," ujar dia.

Dari hasil penelusuran polisi, para pelaku tidak hanya beraksi di satu daerah saja. Sebelumnya ada laporan kalau keduanya sempat menghipnotis korban di Kabupaten Enrekang Sulsel dengan modus serupa dan mengincar para penjaga toko.

"Sekarang petugas sedang menuju ke Enrekang untuk meminta keterangan korban," ujarnya.

Polisi juga sedang berkoordinasi dengan polres-polres terdekat untuk mengungkap motif penipuan berkedok hipnotis yang dilakukan oleh dua WNA asal Iran tersebut.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Follow Berita iNewsSulsel di Google News

Bagikan Artikel: