Hendak Padamkan Api, Mobil Damkar Masuk Jurang di Tana Toraja

Jufri Tonapa ยท Selasa, 08 Mei 2018 - 22:55 WITA
Hendak Padamkan Api, Mobil Damkar Masuk Jurang di Tana Toraja
Rumah adat Toraja di Desa Lembang Sadan Matallo, Kecamatan Sadan, Tana Toraja ludes terbakar. (Foto: iNews.id)

TANA TORAJA, iNews.id - Sebuah rumah adat Toraja di Desa Lembang Sadan Matallo, Kecamatan Sadan, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel) ludes terbakar, Selasa (8/5/2018).

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun kerugian yang dialami pemilik rumah adat itu mencapai ratusan juta rupiah karena seluruh bangunan dan isinya tak ada yang bisa diselamatkan. Tragisnya lagi, kebakaran tersebut memicu kecelakaan.

Mobil pemadam kebakaran (Damkar) milik Pemkab Tana Toraja yang hendak memadamkan api di rumah adat itu justru masuk ke jurang setelah menabrak dua orang yang sedang mabuk dari arah berlawanan. 




Akibatnya, dua warga yang sedang berada di bawah pengaruh minuman keras (miras) itu mengalami luka-luka. Oleh warga, kedua orang itu langsung dilarikan ke rumah sakit. Sedangkan petugas Damkar selamat. Namun, mobil Damkar yang mereka tumpangi belum bisa dievakuasi karena lokasinya yang sulit dan berlumpur.

Insiden itu juga membuat upaya pemadaman api yang membakar rumah adat Toraja pun gagal. Upaya warga memadamkan api dengan peralatan seadanya juga seolah percuma karena api terus membesar hingga akhirnya menghanguskan seisi rumah adat tersebut.


Editor : Kastolani Marzuki