Heboh, Satpol PP di Makassar Adu Mulut dengan Pengunjung Kafe Tak Pakai Masker

Leo Muhammad Nur ยท Senin, 20 Juli 2020 - 09:55 WITA
Heboh, Satpol PP di Makassar Adu Mulut dengan Pengunjung Kafe Tak Pakai Masker
Razia masker dan protokol kesehatan di Makassar. (Foto: iNews/Leo M Nur).

MAKASSAR, iNews.id - Adu mulut terjadi antara Satpol PP yang tergabung dalam Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Makassar dengan seorang pengunjung kafe. Keributan ini diduga karena warga tersebut menolak razia masker.

Keributan terjadi di sebuah kafe Jalan Bandang, Kota Makassar, pada Minggu (19/7/2020) malam. Ketika itu anggota Satpol PP mendapati warga nongkrong tanpa menggunakan masker.

Dalam Peraturan Wali Kota (Perwali) No 36 Tahun 2020, warga yang kedapatan melanggar kesehatan, di antaranya tidak menggunakan masker, akan langsung mendapat sanksi rapid test di tempat.

Namun pengunjung kafe ini menolak untuk diperiksa. Akhirnya petugas Satpol PP pun terlibat adu mulut dengan warga tersebut. Kejadian ini membuat geger warga dan pengungjung kafe lainnya.

"Biasa itu ada yang menolak. Tapi sudah kami yakinkan agar mereka bisa menjaga diri," kata Kasatpol PP, Iman Hud di sela-sela razia protokol kesehatan di Kota Makassar, Sulsel, Minggu malam.

Menurut dia, setelah diedukasi soal Covid-19, warga tersebut akhirnya bersedia untuk melakukan rapid test. Hasilnya pengunjung kafe itu non-reaktif virus corona.

Iman Hud mengatakan, hal seperti ini merupakan hal biasa terjadi. Karena itu, petugas di lapangan harus bisa melakukan pendekatan humanis dan mengedukasi warga secara baik, agar mereka siap mematuhi peraturan.

"Kami akan terus melakukan razia ini sampai waktu yang tidak ditentukan," ujar dia.

Sebelumnya Kota Makassar dinilai sebagai episentrum penularan virus corona di Sulsel. Daerah tersebut juga telah menerapkan pembatasan wilayah untuk mengantisipasi angka penyebaran kasus semakin tinggi.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal