Heboh Matahari Terbit dari Utara di Jeneponto, Warga Diminta Jangan Panik

Sulaiman Nai, Herman Kambuna · Jumat, 18 Juni 2021 - 19:15:00 WITA
Heboh Matahari Terbit dari Utara di Jeneponto, Warga Diminta Jangan Panik
Video viral matahari terbit dari utara di langit Jeneponto. (Foto: MNC Portal/Sulaiman Nai)

MAKASSAR, iNews.id - Warga Jeneponto, Sulawesi Selatan dihebohkan dengan beredarnya rekaman video amatir fenomena alam matahari terbit dari utara. Video amatir matahari terbit dari ufuk utara pun viral di media sosial.

Video amatir itu direkam seorang guru Madrasah Aliyah Binanamu Jeneponto, Kamis (17/6/2021) pagi.

Video matahari terbit dari utara yang viral kemudian ditanggani salah satu tokoh masyarakat Jeneponto, Andi Tahal Fasni Karaeng Sutte.

Menurutnya, kejadian fenomena alam tersebut tak perlu disebarluaskan. “Itu adalah kejadian alami atau proses alam dan kita bukan ahlinya. Dan itu juga bukanlah tanda-tanda kiamat,” katanya.

Dia pun meminta masyarakat tidak panik dengan adanya fenomena alam yang sangat langka tersebut. 

Prakirawan BMKG Rizky mengatakan, dalam rekaman video viral iu sebenarnya matahari terbit dari timur. Namun dalam pergerakannya condong ke sisi utara karena tidak berada pada garis khatulistiwa.

"Jadi tetap terbit dari timur, tetapi perjalanan ke barat dia lewat jalur utara, bisa dikatakan seperti itu," kata Rizky.

Dia menjelaskan, fenomena itu memang biasa terjadi mulai Maret dan puncaknya terjadi pada Juni dan berakhir September di setiap tahunnya.

"Jadi nanti setelah September menuju Oktober, November, Desember, dia bergeraknya perlahan-lahan dari timur ke barat lewat arah selatan," katanya.

Editor : Kastolani Marzuki