Gelar Musrenbang Sulsel TA 2021 secara Online, Ini Harapan Nurdin Abdullah

Nani Suherni ยท Senin, 20 April 2020 - 19:34 WIB
Gelar Musrenbang Sulsel TA 2021 secara Online, Ini Harapan Nurdin Abdullah
Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah menyimak penjelasan peserta saat Musrenbang TA 2021 yang digelar secara online, Senin (20/4/2020). (Foto: Pemprov Sulsel)

MAKASSAR, iNews.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun Anggaran 2021 secara online atau daring untuk mencegah penularan Covid-19, Senin (20/4/2020).

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah mengatakan, musrenbang yang dilaksanakan secara online dan pandemi virus corona saat ini tidak mengurangi target yang ingin dicapai oleh Pemprov Sulsel. Sinkronisasi dan penyelerasan perencanaan pada level pemerintah pusat sampai pada pemerintah kabupaten kota dan penajaman rencana program dan kegiatan RKPD Tahun 2021 juga tetap dilakukan.

“Musrenbang secara online diharapkan dapat menyelaraskan seluruh perencanaan baik dari tingkat pusat, provinsi maupun kabupaten/kota sehingga lebih tepat sasaran,” kata Nurdin Abdullah lewat konferensi video di Makassar, dikutip iNews.id dari situs Pemprov Sulsel.

Dalam Musrenbang itu, Nurdin memaparkan pencapaian realisasi pendapatan daerah Provinsi Sulsel Tahun 2019 sebesar Rp9,57 triliun lebih. Angka ini sudah mencapai 96,48 persen dari target yang ditetapkan Tahun Anggaran 2019 sebesar Rp9,92 triliun.

Nurdin juga menyebutkan, pendapatan daerah tersebut bersumber dari komponen penerimaan pendapatan asli daerah (PAD), dana transfer dan pendapatan lainnya yang sah. Realisasi PAD Tahun Anggaran 2019 sebesar Rp4,14 triliun lebih atau 99,27 persen dari target yang ditetapkan sebesar Rp4,16 triliun.

“Realisasi belanja daerah akhir tahun 2019 sebesar Rp9,54 triliun lebih atau 96,15 persen, dari target yang ditetapkan sebesar Rp99,92 triliun lebih,” kata mantan Bupati Bantaeng dua periode itu.

Kegiatan Musrenbang ini diikuti oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Kepala Bappenas RI, Menteri Dalam Negeri RI, Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel, Anggota DPR dan DPD. Kemudian, Ketua, Wakil Ketua dan Anggota DPRD Sulsel, Anggota Forkopimda Sulsel, Sekda Sulsel, Bupati dan Wali Kota se-Sulsel, Ketua DPRD se-Sulsel, dan Forkopimda se-Sulsel.

Gubernur Sulsel menyampaikan terima kasih, apresiasi serta penghargaan yang tinggi kepada para pimpinan dan anggota DPRD Sulsel. Begitu juga kepada jajaran forum koordinasi pimpinan daerah.

“Secara khusus saya ingin menyampaikan terimakasih, apresiasi serta penghargaan yang tinggi kepada para pimpinan dan anggota DPRD Sulsel dan jajaran forum koordinasi pimpinan daerah, atas segala dukungan, kontribusi dan segala sinergitas dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Provinsi Sulsel,” katanya.


Editor : Maria Christina