Dusun Terisolasi Butuh Infrastruktur, Pemda Malah Beli Kendaraan Dinas Rp1,7 Miliar

Ichsan Anshari ยท Jumat, 18 Juni 2021 - 12:05:00 WITA
Dusun Terisolasi Butuh Infrastruktur, Pemda Malah Beli Kendaraan Dinas Rp1,7 Miliar
Kondisi Dusun Caku di Pinrang tak tersentuh pembangunan. (Foto: iNews/Ichsan Anshari).

PINRANG, iNews.id - Sebuah dusun di Desa Bakaru, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan (Sulsel), nyaris tak tersentuh pembangunan. Anak-anak pun sampai harus berjalan 8,2 kilometer untuk mencapai sekolah.

Seorang warga Dusun Caku, Misbah mengatakan, anak-anak di kampungnya menimba ilmu di Kabupaten Enrekang, karena jarak yang relatif dekat di banding sekolah yang berada di Kabupaten Pinrang.

"Anak-anak ini berjalan kaki 8,2 kilometer. Itupun sekolah di Enrekang bukan di Pinrang," kata Misbah saat ditemui di Kantor Bupati Pinrang, Kamis (17/6/2021).

Menurut dia, warga sudah berkal-kali menuntut pembangunan di daerahnya, namun janji tersebut tak kunjung direalisasikan karena alasan regulasi dan situasi.

"Sudah puluhan tahun ini kita di dusun caku, nyaris tidak pernah lihat ada pembangunan infrastruktur," katanya.

Sementara itu Sekretaris Daerah Pinrang, Andi Budaya mengatakan, pembenahan dusun tersebut membutuhkan anggaran cukup besar, karena jalan yang perlu dibangun sepanjang 1,5 kilometer.

"Besar sekali nilainya, karena panjang jalan saja sekitar 1,5 kilometer, apalagi sekarang situasi pandemi seperti ini," ujarnya.

Namun siapa yang menyangka Pemerintah Kabupaten Pinrang malah membeli kendaraan dinas senilai Rp1,7 miliar. Pengadaan ini untuk mobil dinas forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda).

"Memang kita mau pengadaan mobil dinas untuk forkopimda senilai Rp1,7 miliar lebih, tujuannya untuk mobilisasi penanganan Covid-19," katanya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal