Duh, Pengungsi Luar Negeri Naik Motor Tak Punya SIM Terjaring Razia di Makassar

Faisal Mustafa · Kamis, 08 April 2021 - 09:55:00 WITA
Duh, Pengungsi Luar Negeri Naik Motor Tak Punya SIM Terjaring Razia di Makassar
Petugas merazia pengungsi luar negeri yang berkendara tanpa SIM. (Foto: Sindonews).

MAKASSAR, iNews.id - Rudenim Makassar menggelar operasi gabungan untuk menindak pengungsi dari luar negeri yang berkendara tanpa surat izin mengemudi (SIM). Razia ini berlangsung di tiga titik pada Rabu (7/4/2021).

"Ada 38 petugas gabungan dari Rudenim Makassar, Polrestabes Makassar dan Divisi Keimigrasian Kanwil Sulsel," kata Kepala Rudenim Makassar, Alimuddin, Rabu kemarin.

Lokasi operasi dibagi menjadi tiga titik, masing-masing sekitaran Jalan Pettarani, Jalan Perintis Kemerdekaan dan Jalan Daeng Tata.

Sebanyak enam orang pengungsi berikut kendaraan sepeda motor terjaring dalam operasi gabungan ini, masing-masing tiga warga negara Afganistan, dua Somalia dan satu orang Myanmar.

"Keenam pengungsi tersebut dibawa ke Rudenim untuk dimintai keterangan dan ditempatkan sementara di Rudenim Makassar, sementara untuk kendaraannya diangkut ke kantor polisi," ujar dia.

Seorang pengungsi mengaku telah memiliki motor selama dua bulan terakhir untuk kebutuhan sehari-hari. Dia membelinya dari warga di Kota Makassar.

"Saya pakai untuk kebutuhan sehari-hari, seperti mengantar anak," kata LB, pengungsi asal Afganistan.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal