Diimbau Pakai Masker, Petugas Pelabuhan di Makassar Tak Perlu Panik Waspadai Virus Korona

Leo Muhammad Nur, Antara ยท Rabu, 29 Januari 2020 - 10:05 WIB
Diimbau Pakai Masker, Petugas Pelabuhan di Makassar Tak Perlu Panik Waspadai Virus Korona
Penumpang turun di Pelabuhan Soekarno - Hatta Makassar. (Foto: Dok iNews).

MAKASSAR, iNews.id - Petugas pelabuhan di Kota Makassar diminta tak panik dalam mengantisipasi virus Korona. Sebab wilayah Indonesia relatif aman dari penyebaran wabah penyakit tersebut.

Direktur Utama PT Pelindo IV, Farid Padang mengatakan, petugas tetap harus lebih waspada saat bertugas, di antaranya wajib menggunakan masker.

"Kami juga telah menyiapkan thermo detector untuk mengukur dan merekam suhu permukaan dan kondisi sekitar, terutama ke para penumpang," kata Farid di Kota Makassar, Sulsel, Rabu (29/1/2020).

Kebijakan itu menyusul maraknya wabah virus Korona yang telah menggegerkan warga dunia dan cukup membuat gempar beberapa waktu belakangan ini.

Dia juga mengimbau, kepada semua penumpang kapal dapat selalu menjaga kebersihan, imunitas tubuh dan mengatur pola makan serta istirahat yang cukup.

"Petugas juga jangan panik dan selalu berdoa karena Indonesia masih relatif aman dari wabah virus Korona," ujar dia.

Menurut dia, untuk di pelabuhan pihaknya juga merasa perlu untuk mengawasi penumpang kapal pesiar dan anak buah kapal (ABK) asing serta pekerja dari luar negeri.

Sementara itu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga telah mengeluarkan surat edaran untuk meningkatkan pengawasan dan pencegahan wabah virus Korona di lingkungan pelabuhan.

Dalam edaran tersebut, seluruh petugas Kantor Kesyahbandaran melakukan pengawasan dan pemeriksaan secara ketat terhadap penumpang dan crew yang berasal dari Cina.

Lalu, petugas juga diwajibkan memakai alat perlindungan diri (APD) yang memadai, minimal berupa masker dan sarung tangan dalam melaksanakan tugasnya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal