Dihantam Ombak, Kapal Angkut 13 Penumpang Karam di Takalar

Sindonews, Herni Amir ยท Jumat, 24 Juli 2020 - 07:40 WITA
Dihantam Ombak, Kapal Angkut 13 Penumpang Karam di Takalar
Ilustrasi pertolongan terhadap kapal tenggelam. (Foto: Antara).

TAKALAR, iNews.id - Kapal motor yang mengangkut 13 orang penumpang karam di perairan Kepulauan Tanakeke, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Kamis (23/7/2020). Penyebabnya diduga karena hantaman ombak besar dan cuaca ekstrem di tengah laut.

Kepala Desa Rewataya, Tellasa Bombong mengatakan, peristiwa bermula saat cuaca mulai memburuk. Kapal dari dermaga Takalar lama menuju Pulau Tanakeke ini dihantam ombak besar dan akhirnya karam.

"Kapal kami dihantam ombak sebanyak dua kali dan langsung tenggelam sekitar jam 10 pagi," kata Tallasa yang juga pemilik kapal tersebut, saat dikonfirmasi Kamis malam.

Menurut dia, kurang lebih dua jam dirinya bersama 12 penumpang kapal lainnya terombang-ambing di lautan lepas. Beruntung mereka ditemukan oleh salah kru kapal yang hendak menuju Pulau Tanakeke.

"Bersyukurnya kami ditemukan seorang pelaut bernama Daeng Nai sekitar pukul 12 siang, dia sementara dari arah Takalar menuju pulau Tanakeke," ujar dia.

Adapun 12 penumpang lainnya yang ikut dalam kapal motor milik Tallasa di antaranya Anto (20), Masita (14), Daeng Jaya (50), Daeng Baso (42), Sudir (21), Ruswan (18), Iwan (18), Jumriani (19), Abdullah (18), Siang (22), Elsa (22), Pangeran (2).

Selain mengangkut 13 penumpang, kapal juga membawa papan, batu merah, dan satu unit motor. Bobot total muatan kapal tersebut diperkirakan mencapai sembilan ton.

Kepala Puskesmas Tanakeke Herianto Ali membenarkan jika ke-13 korban kecelakaan laut tengah dirawat di rumah Bidan Tanakeke. Kondisi mereka awal ditemukan sangat lemah, namun kini berangsur membaik.

"Karena terlalu lama berenang di laut, semua korban dalam kondisi lemas. Dan sekarang ke-13 korban sudah mulai membaik setelah mendapatkan bantuan oksigen, dan perawatan medis lainnya," kata Herianto.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal