Debat Pilkada Makassar di iNews TV, Irman-Andi Tekan Biaya dengan Digitalisasi

Donald Karouw · Selasa, 24 November 2020 - 22:15:00 WITA
Debat Pilkada Makassar di iNews TV, Irman-Andi Tekan Biaya dengan Digitalisasi
Paslon 4 Pilkada Makassar, Irman Yasin Limpo-Andi M Zunnun Nurdin Halid saat debat kandidat kedua di iNews TV. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id – Pasangan calon (paslon) 4 Pilkada Makassar, Irman Yasin Limpo-Andi M Zunnun Nurdin Halid berupaya menerapkan digitalisasi untuk menekan biaya transaksi dalam pelayanan publik.

Hal itu diungkapkan Irman Yasin Limpo-Andi M Zunnun dalam debat kandidat kedua yang disiarkan langsung stasiun iNews TV, Selasa (24/11/2020).

Dia mengatakan, upaya lain menekan biaya transkasi dalam pelayanan publik yakni dengan membenahi sistem dan struktur organisasi kemasyarakatan hingga di tingkat bawah. “Sehingga, kalau ini dibenahi akan mempersempit biaya,” katanya.

Iran-Andi juga akan menggunakan big data sehingga tidak ada lagi orang berambisi meraih penghargaan. “Digitalisasi itu yang utama. Aparatur akan kita tingkatkan dengan leadership. Kita layani masyarakat dengan sepenuh hati,” katanya.

Menanggapi hal itu, paslon 1 M Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi menilai yang paling utama diterapkan di Kota Makassar yakni konsep smart city.

Sedangkan paslon 2 Munafri Arifuddin-Abd Rahman Bando menyoroti banyaknya pembatalan SK mutase. “Itu yang harus segera diperbaiki birokrasi di Makassar supaya pejabat bisa terposisikan dengan baik,” katanya.

Paslon 3 Syamsu Rizal-Fadli Ananda menilai perlunya redistribusi ASN hingga ke tingkat bawah untuk membenahi birokrasi.

Komisioner KPU Makassar, Endang Sari mengatakan, tema debat dalam Pilkada 2020 ini terkait reformasi birokrasi, pelayanan publik, penataan kawasan perkotaan dan ekonomi.

"Tema tersebut menurut kami menjadi persoalan dan masalah di daerah," kata Endang di Kota Makassar, Sulsel, Senin (23/11/2020) kemarin.

Editor : Kastolani Marzuki