Dapat Nilai 408 saat Tes CPNS, Joki Lulusan SMA asal Sidrap Belajar Lewat Youtube

Leo Muhammad Nur ยท Senin, 02 Maret 2020 - 12:55:00 WITA
Dapat Nilai 408 saat Tes CPNS, Joki Lulusan SMA asal Sidrap Belajar Lewat Youtube
Joki tes CPNS di Makassar diamankan polisi. (Foto: iNews/Leo M Nur).

MAKASSAR, iNews.id - Polisi masih mendalami dugaan kasus joki ujian calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), pada Rabu (26/2/2020) lalu. Seorang pelaku atas nama Nurmia (sebelumnya Nia Ahmad) masih menjalani proses pemeriksaan petugas.

Perempuan muda yang mengaku lulusan SMA itu meraih poin tinggi dalam tes. Dia mendapat total nilai 408, menggantikan seorang peserta asal Kabupaten Sidrap yang merupakan sepupunya sendiri.

"Saya sebelum ujian belajar latihan soal dari Youtube," kata pelaku Nurmia di Mapolrestabes Makassar, Senin (1/3/2020).

Wakapolrestabes Makassar, AKBP Asep Marsel mengatakan, pelaku sudah diserahterimakan panitia pengawas CPNS kepada polisi. Joki ini sudah diamankan bersama barang bukti yakni KTP milik peserta atas nama Rusni, namun ditempel foto pelaku dan kartu peserta ujian CPNS.

"Sekarang ini kami masih dalami kasusnya untuk proses penyelidikan," ujar dia.

Sebelumnya, seorang perempuan muda asal Kabupaten Sidrap, terpaksa berurusan dengan polisi karena diduga menjadi joki tes CPNS Pemerintah Kota Makassar. Dia menyebut tidak mendapat upah atau bayaran sedikit pun, karena sukarela membantu saudara sepupunya.

Namun polisi menduga pelaku merupakan sindikat joki CPNS. Sebab, dia memiliki nama berbeda-beda di tiga KTP. Selain itu, dia juga sudah menyiapkan diri dengan belajar lewat Youtube.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal