Dalami Penyebab Ratusan Santriwati di Palopo Keracunan, Polisi Ambil Sampel Makanan

Nasruddin Rubak ยท Kamis, 16 Januari 2020 - 13:45 WIB
Dalami Penyebab Ratusan Santriwati di Palopo Keracunan, Polisi Ambil Sampel Makanan
Seorang santriwati mengalami pingsan setelah keracunan makanan. (Foto: iNews/Nasruddin Rubak).

PALOPO, iNews.id - Polisi memeriksa dapur umum dan mengambil sampel makanan yang disantap santriwati Pondok Pesantren Modern Datuk Sulaiman, Kota Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel). Akibat insiden keracunan ini, 40 santri harus menjalani perawatan intensif di rumah sakit.

Wakapolres Palopo, Kompol Ade Noho mengatakan, setelah dilaporkan adanya keracunan di ponpes tersebut, petugas langsung memeriksa dapur umum dan tempat pengolahan makanannya.

BACA JUGA: 40 Santriwati yang Keracunan di Palopo Dirujuk ke 7 RS, Polisi Periksa Saksi

"Anggota juga mengambil sampel, di antaranya ikan kering, sayur dan berbagai makanan yang dihidangkan untuk santap malam para korban," kata Kompol Ade di Kota Palopo, Sulsel, Kamis (16/1/2020).

Sampel makanan tersebut, kata dia, nantinya akan diuji laboratorium oleh Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (BPOM) Kota Palopo. Dari hasil pengecekan tersebut, akan didapati penyebab keracunan yang dialami ratusan santriwati ponpes pada Rabu (15/1/2020) malam.

BACA JUGA: Ratusan Santriwati di Palopo Keracunan usai Menyantap Makan Malam

Sebelumnya, ratusan santriwati di Ponpes Modern Datuk Sulaiman Palopo mengalami keracunan makanan usai santap makan malam. Para korban mengaku merasa mual, muntah, sesak napas hingga pingsan diduga akibat makanan yang disajikan pihak pondok.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal