Cerita Bocah 9 Tahun di Bone Sendirian Rawat Ibu Penderita Kanker

Bulan Sri Indra Maya · Kamis, 08 Oktober 2020 - 13:40:00 WITA
Cerita Bocah 9 Tahun di Bone Sendirian Rawat Ibu Penderita Kanker
Bocah 9 tahun sendirian rawat ibunya sakit. (Foto: iNews/Bulan Sri Indra Maya).

BONE, iNews.id - Seorang bocah berusia sembilan tahun di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel), berjuang sendiri merawat sang ibu yang menderita kanker payudara. Anak ini pun terpaksa melakoni pekerjaan orang dewasa di rumahnya.

Anak yang duduk di kelas 4 SD ini, Aura Sira Mikaila, merelakan waktunya untuk merawat sang ibu, Jumiati (45). Mereka tinggal di Jalan Veteran, Kelurahan Bajoe, Kecamatan Tenete Riattang Timur.

Sang ibu sudah bercerai dengan ayahnya. Dalam kondisi yang memprihatikan ini, Jumiati dirawat oleh putri kandungnya yang baru berusia sembilan tahun. Semua pekerjaan rumah pun diambil alih oleh Aura, bersamaan dengan tugasnya sebagai pelajar.

Namun Jumiati mengaku, selalu meminta Aura untuk meninggalkannya bila untuk urusan belajar. Ketika itu sang anak pergi ke rumah tetangga yang memiliki ponsel dan mengerjakan tugas bersama.

"Sebetulnya saya kasihan. Dia masih kecil," ujar ibu penderita kanker ini, Kamis (8/10/2020).

Selama ini mereka hidup dari belas kasihan warga sekitar. Jumiati dan Aura tidak mendapat bantuan apapun dari pemerintah, padahal mereka sangat membutuhkan uluran tangan donatur.

"Saya hari-hari jaga ibu, ambil air, masak. Saya juga mandikan ibu," katanya.

Camat Tanete Riattang Timur, Armand Bobby mengatakan, ibu Jumiati harus mendapat pertolongan dan pemeriksaan kesehatan. Kehidupan keluarga janda penderita kanker ini jangan sampai terlantar.

"Kami juga akan memasukkannya sebagai penerima bantuan," ujarnya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal