Cegah Virus Corona Baru, Nurdin Abdullah Dukung Pembatasan WNA Masuk ke Indonesia

Syachrul Arsyad ยท Rabu, 30 Desember 2020 - 10:41:00 WITA
Cegah Virus Corona Baru, Nurdin Abdullah Dukung Pembatasan WNA Masuk ke Indonesia
Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah (Foto: iNews/Leo Muhammad Nur)

MAKASSAR, iNews.id - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah mendukung kebijakan pemerintah Indonesia membatasi kedatangan Warga Negara Asing (WNA). Dia menilai kebijakan tersebut tepat untuk mencegah masuknya virus corona jenis baru ke Indonesia.

"Ini kan kasus Covid ini mulai berkembang varian baru. Jangan sampai kita kecolongan. Saya kira tepat sekali pemerintah untuk secara selektif menerima orang-orang dari luar," kata Nurdin di kantornya, Selasa (29/12/2020).

Nurdin mengatakan, pemerintah tidak boleh kecolongan dengan adanya penularan virus tersebut. Maka dari itu diperlukan pembatasan mobilitas warga untuk menekan laju penularannya, termasuk untuk wilayah Sulsel.

Khusus di Sulsel, Nurdin mengaku tengah menggodok skenario pembatasan perjalanan warga via udara maupun laut untuk masuk ke Sulsel. Dengan syarat harus mengantongi hasil pemeriksaan rapid test antigen.

Selain itu khusus di Kota Makassar sebelumnya telah berlaku pembatasan jam operasional usaha hanya sampai pukul 19.00 Wita. Nurdin mengaku kebijakan ini sebagai bentuk mendisiplinkan warga untuk taat protokol kesehatan.

"Jadi sebenanrya bukan jam malamnya yang penting. Walaupun kita lakukan jam malam itum tetapi ada hal yang perlu kita disiplinkan masyarakat. Sebenarnya sampai jam berapapun mereka nongkrong tapi pakai masker. Persoalannya kalau sudah di warkop, tidak ada pakai masker," ujarnya.

Editor : Reza Yunanto