BPBD Imbau Nelayan di Takalar Waspada Gelombang Tinggi saat Melaut

Sindonews, Herni Amir ยท Rabu, 08 Januari 2020 - 19:35 WIB
BPBD Imbau Nelayan di Takalar Waspada Gelombang Tinggi saat Melaut
Nelayan menghantam gelombang tinggi laut. (Foto: Dok iNews).

TAKALAR, iNews.id - Badan Pengendalian Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Takalar mengimbau nelayan sementara ini lebih waspada saat melaut. Karena cuaca ekstrem di daerah tersebut berpotensi menimbulkan gelombang tinggi.

Kepala BPBD Takalar, Nasir Rahman mengatakan, dari informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), ombak besar terjadi di perairan Selat Makassar mencapai dua meter.

"Imbauan itu dikeluarkan mengingat kondisi yang mulai ekstrem di perairan Takalar disebabkan tingginya ombak," kata Nasir kepada wartawan di Kabupaten Takalar, Sulsel, Rabu (8/1/2020).

BACA JUGA: Hadapi Cuaca Ekstrem, Personel Penanganan Bencana Siaga di Posko Terpadu Jeneponto

Dia mengatakan, BPBD akan mengeluarkan imbauan resmi dan tertulis pada Kamis (9/1/2020) besok. Dengan adanya informasi tersebut, dia berharap nelayan lebih waspada saat melaut.

"Besok kami akan keluarkan imbauan secara resmi dan tertulis. Sehingga nelayan-nelayan kita bisa lebih awas memasuki musim hujan," katanya.

Selain itu, dalam menghadapi kemungkinan bencana alam, pihaknya juga sudah mendirikan posko siaga bencana. BPBD juga akan menggelar apel siaga bencana pada Kamis besok, melibatkan seluruh komponen terkait.

"Posko terpadu bertempat di PSC Kabupaten Takalar. Posko siaga bencana ini untuk kesiapsiagaan kita bersama masyarakat mengantisipasi atau jika kemudian terjadi bencana alam," katanya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal