Boncengan Naik Motor, Kapolsek dan Danramil Panakkukang Patroli ke Sejumlah Gereja di Makassar

Yoel Yusvin ยท Senin, 23 Desember 2019 - 15:30 WIB
Boncengan Naik Motor, Kapolsek dan Danramil Panakkukang Patroli ke Sejumlah Gereja di Makassar
Kapolsek dan Danramil menggelar patroli gabungan ke sejumlah gereja jelang perayaan Natal 2019. (Foto: iNews/Yoel Yusvin).

MAKASSAR, iNews.id - Personel gabungan dari TNI dan Polri mulai berpatroli ke sejumlah gereja di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Kegiatan ini digiatkan dalam rangka pengamanan jelang Natal dan tahun baru di daerah tersebut.

Aparat dari jajaran Polsek dan Koramil Panakkukang konvoi naik motor ke sejumlah gereja. Kegiatan ini dipimpin Kapolsek Kompol Jamal Faturahman dan Danramil Mayor Rahmat Agus Hidayat yang berboncengan naik motor.

"Kami melakukan cipta kondisi dengan patroli gabungan ke beberapa gereja di Panakkukang, rangkaian Natal dan tahun baru," kata Kapolsek Jamal usai mendatangi Gereja Toraja Rama di Kota Makassar, Sulsel, Senin (23/12/2019).

Selain Gereja Toraja Rama, para personel ini juga mendatangi Gereja Toraja Masale dan Gereja Toraja Jemaat Pniel Perumnas. Selain aparat TNI dan Polri, petugas Satpol PP dan pegawai kecamatan turut ikut dalam patroli gabungan itu.

Menurut Jamal, petugas kepolisian akan bersiaga di sejumlah gereja yang dinilai rawan. Bahkan, jika dianggap perlu, polisi akan bersiaga 1x24 jam di lokasi untuk menjamin keamanan dan kenyamanan jemaah yang sedang beribadah.

"Kami akan dibantu juga oleh personel dari Koramil dan Satpol PP untuk mengamankan gereja saat momentum natal ini," ujar dia.

Pengurus Gereja Toraja Rama, Pendeta Yusuf Maliku, mengaku senang dengan adanya patroli dari TNI, Polri dan Satpol PP. Dengan adanya kegiatan tersebut, dapat menjamin rasa aman dan nyaman para jemaat gereja saat beribadah.

"Ini bentuk perhatian nyata dari aparatur pemda bersama TNI dan polisi untuk menciptakan rasa aman dan nyaman jemaat yang akan melangsungkan ibadah Misa Natal," ujar dia.

Selain di gereja, pasukan gabungan ini juga akan berkonsentrasi di pusat perbelanjaaan, lokasi wisata dan sejumlah tempat lain yang dianggap rawan. Ada 12 titik lokasi rawan yang sudah dipetakan.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal