Besok Pendaftaran Panitia Pemungutan Suara di Pilkada Makassar, ASN Boleh Ikut

Sindonews, Muhaimin Sunusi ยท Jumat, 17 Januari 2020 - 10:40 WIB
Besok Pendaftaran Panitia Pemungutan Suara di Pilkada Makassar, ASN Boleh Ikut
Warga hendak memasuki bilik suara dalam Pemilu 2019 lalu. (Foto: Antara).

MAKASSAR, iNews.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar akan mulai membuka pendaftaran petugas Adhoc untuk Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) pada Sabtu (18/1/2020) besok. Rekrutmen ini terbuka untuk umum, bahkan Aparatur Sipil Negara (ASN) boleh ikut seleksi.

Komisioner KPU Makassar, Endang Sari mengatakan, khusus untuk ASN memang ada persyaratan khusus. Di antaranya, tidak boleh memiliki jabatan di instansinya.

"Karena khawatir akan menganggu pekerjaannya, serta tidak maksimal dalam bekerja sebagai PPK," kata Endang kepada wartawan di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Jumat (16/1/2020).

BACA JUGA: Mau Jadi Panitia Pemungutan Suara di Pilkada Makassar? Begini Petunjuk Pendaftaran dari KPU

Selain itu, harus ada surat izin dari atasannya. Surat ini harus dilampirkan saat pendaftaran nanti. Para petugas pemungutan suara ini nantinya akan ditempatkan di 15 kecamatan Kota Makassar.

Pendaftaran dilakukan secara online dengan mengunjungi website http//regppk.kota-makassar.kpu.go.id. Tujuannya agar semua calon yang lolos nantinya harus menguasai bidang IT.

BACA JUGA: Gubernur Sulsel Lantik 4 Kepala Daerah Pemenang Pilkada 2018

"Apalagi khusus pilwalkot tahun ini, pekerjaan mereka (PPK) itu lebih banyak bersinggungan dengan komputer," ujar dia.

KPU tak ingin mengulang kesalahan pada Pemilu sebelumnya. Di mana hasil rekap KPU Makassar merupakan yang paling lambat masuk diantara seluruh kabupaten/kota di Sulsel.

"Akibatnya memengaruhi hasil perhitungan nasional. Setelah ditelusuri di lapangan, ternyata penyelanggaranya gaptek IT. Makanya, kita ingin semua penyelanggara tidak gaptek," katanya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal