Benahi Estetika Kota, Pemkot Makassar Tata Ulang Lokasi Pemasangan Reklame

Sindonews, Vivi Riski Indriani ยท Kamis, 06 Februari 2020 - 10:08 WITA
Benahi Estetika Kota, Pemkot Makassar Tata Ulang Lokasi Pemasangan Reklame
Pekerja merelokasi reklame bando dengan model vertikal di Jalan AP Pettarani , Makassar, beberapa waktu yang lalu. (Foto: SINDOnews/Muctamir Zaide)

MAKASSAR, iNews.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar akan menata ulang titik lokasi untuk pemasangan reklame. Selain mencegah pemasangan di tempat terlarang, sekaligus bertujuan untuk membenahi estetika kota.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PM-PTSP) Kota Makassar Andi Bukti Djufri mengatakan, sampai saat ini masih menunggu data dari Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) terkait titik lokasi baru penataan reklame.

Selanjutnya, dia akan membuat site plan atau mapping lokasi larangan pemasangan reklame.

“Misalnya di Jalan Ratulangi dan Sudirman, di sana tidak boleh lagi ada reklame yang terpasang. Kami buatkan tempat-tempat reklame khusus sehingga keteraturan itu bisa terlihat," ujar Bukti, Kamis (6/2/2020).

Dia menilai, selama ini penataan reklame di Kota Makassar masih sangat semrawut. Padahal hal ini penting untuk melahirkan kota yang lebih nyaman.

Meski diakui, reklame memiliki kontribusi yang cukup besar terhadap pendapatan asli daerah (PAD). Karena itu, Pemkot Makassar tak ingin serta merta mengeluarkan izin tanpa mengetahui titik larangan pemasangan reklame.

"Estetika kota bagus dan pendapatan bagus yang kami harapkan. Tapi kalau pendapatan besar estetika kota berantakan, maka tidak nyaman masyarakat yang ada di Makassar," katanya.


Editor : Donald Karouw