Belum Juga Surut, Banjir Masih Rendam Rumah-Rumah Warga di Parepare

Ichsan Anshari ยท Selasa, 18 Februari 2020 - 15:15 WITA
Belum Juga Surut, Banjir Masih Rendam Rumah-Rumah Warga di Parepare
Rumah warga di Parepare terendam banjir. (Foto: iNews/Ichsan Anshari).

PAREPARE, iNews.id - Air masih merendam permukiman warga di sejumlah lokasi permukiman warga Kota Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel). Namun belum juga ada langkah-langkah dari pemerintah daerah (pemda) terkait upaya penanganan banjir di sana.

Hingga Selasa (18/2/2020) siang, beberapa titik perumahan warga masih tergenang banjir. Ketinggian air sudah mulai surut dari sebelumnya yang mencapai 60 sentimeter, atau selutut orang dewasa. Kini banjir hanya sampai betis.

"Tadi pagi masih selutut," kata seorang warga, Erni, kepada wartawan di Kota Parepare, Sulsel.

Menurut dia, air mulai memasuki permukiman sejak Senin (17/2/2020) malam tadi. Lantaran air belum surut, warga mengevakuasi sejumlah barang-barang miliknya ke tempat yang lebih tinggi. Hal ini dilakukan karena khawatir akan terjadi hujan pada sore hari nanti.

"Ini kulkas saya sudah rusak. Beras dan jagung yang disimpan juga basah semua," kata dia.

Warga lainnya, Andi Cibu mengatakan, hingga saat ini belum ada langkah antisipasi dari pemda terkait penanganan banjir. Warga meminta ada petugas yang bisa membenahi saluran atau drainase mereka.

"Jadi air dari hulu itu bermuara ke sini (perumahan). Karena tidak ada tempat pembuangan air lain. Paling tidak selokan saja dibetulkan, karena ada selokan yang tidak berfungsi," ujarnya.

Menurut dia, warga di perumahannya itu sangat berharap ada upaya dari pemda terkait penanggulangan banjir. Sebab, setiap musim hujan wilayahnya sudah menjadi langganan terendam banjir.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal