Bakal Calon Wabup Barru Andi Riogi Diganti Aska Mappe

Antara ยท Rabu, 16 September 2020 - 10:50 WITA
Bakal Calon Wabup Barru Andi Riogi Diganti Aska Mappe
Ilustrasi Pilkada serentak 2020 (Foto: Antara)

BARRU, iNews.id - Bakal calon Wabup Barru, Andi Mirza Riogi Idris, digantikan kandidat lain, Aska Mappe. Keputusan diambil karena Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan yang bersangkutan tidak memenuhi syarat (TMS).

"Hasil rapat diputuskan Pak Suardi berpasangan dengan Aska Mappe," kata Ketua Tim LO, Muhammad Bahri, di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan (Sulsel), Rabu (16/9/2020).

Menurut dia, Aska Mappe merupakan mantan Wakapolres Polewali Mandar yang memiliki hasil survei cukup tinggi dibanding kandidat lain yang sudah mendaftarkan diri ke partai.

"Kan begini, tetap kita melihat historinya, Pak Aska mendaftar di NasDem. Semua yang mendaftar ini disurvei. Pertimbangannya memang pak Aska tertinggi ke ketiga," ujarnya.

Selain itu, Bahri menilai, Aska Mappe memiliki basis massa pada salah satu wilayah Kabupaten Barru bagian selatan, sehingga menjadi bahan pertimbangan geo politiknya. 

"Geo politik pun menjadi pertimbangan kita, karena pak Aska mewakili bagian selatan, sama seperti Andi Ogi," ujar dia.

Sebelumnya bakal calon Wabup Barru Andi Mirza Riogi dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) setelah hasil tes kesehatan di KPU terindikasi positif narkoba.

"Kalau salah satunya ada yang TMS, harus tetap diganti," kata Komisioner KPU Masdar.

Dia mengatakan, tahapan pemeriksaan kesehatan sepenuhnya diserahkan tim pemeriksa, dari Ikatan Doktor Indonesia (IDI), Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Sulsel.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal