Bagikan Benih Gratis 2.600 Ton, Gubernur Sulsel Harap Produktivitas Sektor Pertanian Meningkat

Antara · Jumat, 22 April 2022 - 20:02:00 WITA
Bagikan Benih Gratis 2.600 Ton, Gubernur Sulsel Harap Produktivitas Sektor Pertanian Meningkat
Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman (tengah) saat melepas program Mandiri Benih di Jembatan Tongkonan CPI, Makassar, Jumat (22/4/2022). (Foto: Antara)

MAKASSAR, iNews.id - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaeman secara resmi melepas bantuan benih padi untuk 2.675 kelompok tani di 24 kabupaten/kota se-Sulsel. Benih padi unggul sebanyak 2,6 juta kg atau 2.600 ton dibagikan secara gratis. 

“Ini merupakan program untuk petani. Kita suplai langsung ke petani, karena itu adalah hak mereka. Ini adalah uang rakyat, untuk rakyat. Kami hanya fasilitasi saja,” ujar Andi Sudirman saat melepas program Mandiri Benih di Jembatan Tongkonan CPI, Makassar, Jumat (22/4/2022). 

Sudirman menyebut ini adalah program pertama yang dilakukan di Sulsel dengan mengambil benih sejenis dari Balai Penelitian Padi di Sukamandi kemudian ditangkar sendiri sesuai dengan permintaan masyarakat yang dibutuhkan.

Ia berharap bantuan benih ini, akan meningkatkan produktivitas petani. Pasalnya 50 persen keberhasilan pertanian berasal dari benih.

"Kita sudah tangkar di sini, jadi pemilihan benih ini sesuai dengan kebutuhan petani, serta adaptif terhadap kondisi tanah di daerah,” kata Sudirman.

Bantuan benih akan disalurkan pada dua musim tanam. Pada musim tanam April - September 1.200 ton. Kemudian musim tanam Oktober - Maret sebanyak 1.400 ton.

"Target yang ingin kita capai tentunya peningkatan produktivitas. Jika benihnya unggul, kualitas baik, tentunya akan bisa menghasilkan produksi yang lebih bagus," tambah Plt Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Sulsel Imran Jausi.

Selain itu, dilepas secara simbolis bantuan bibit kopi sebanyak 1,1 juta lebih batang, bibit kakao sebanyak 3,6 juta lebih batang. Lalu ada lebih dari 200 unit alat mesin pertanian. 

Editor : Dita Angga Rusiana

Bagikan Artikel: