Airnav Sebut Siaran Radio Amatir Mengganggu Komunikasi Penerbangan

Okezone, Ahmad Hermanto ยท Kamis, 20 Juni 2019 - 11:12 WITA
Airnav Sebut Siaran Radio Amatir Mengganggu Komunikasi Penerbangan
Kondisi di kopkit pesawat saat pilot dan co pilot menerbangkan pesawat. (Foto: Okezone).

MAKASSAR, iNews.id - Suara radio amatir dinilai telah mengganggu penerbangan di jalur lalu lintas Surabaya, Bali dan Pangkalan Bun. Siaran radio tersebut ikut masuk dalam komunikasi pilot pesawat.

GM Airnav Makassar, Novy Pantaryanto mengatakan, keluhan pilot dalam penerbangan terkait dengan suara radio amatir tersebut menambah laporan pada 2019 ini.

"Laporan yang kami terima selama semester awal 2019 sudah sampai 18 laporan frekuensi radio liar yang mengganggu penerbangan," kata Novy kepada wartawan di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (20/6/2019).

Menurut dia, salah satu gangguan yang dihindari dalam dunia penerbangan adalah gangguan komunikasi pesawat dengan Air Traffic Controller (ATC).

Siaran radio amatir ini dinilai dapat berpotensi mengganggu keselamatan penerbangan. Apalagi dengan jumlah pesawat cukup banyak, dan akan terus melintas pada satu sektor tersebut.

"Kondisi ini cukup mengganggu keselamatan dalam penerbangan," ujar dia.

Radio amatir yang dikeluhkan oleh pilot diduga menggunakan peralatan tidak sesuai standar. Sebab pesawat saat itu sedang menggunakan komunikasi dengan ATC di darat sehingga, kondisi pesawat sedang tertutup.

"Tapi suara dari radio amatir itu menganggu pilot," katanya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal