75 Persen Sekolah di Sulsel Telah Lakukan PTM Menyeluruh

Antara · Rabu, 12 Januari 2022 - 11:40:00 WITA
75 Persen Sekolah di Sulsel Telah Lakukan PTM Menyeluruh
Pembelajaran tatap muka (foto: ilustrasi)

MAKASSAR, iNews.id – Mayoritas sekolah di Sulawesi Selatan telah melakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 persen. Dinas Pendidikan Sulsel mencatat sebanyak 75 persen sekolah di daerah itu telah melakukan PTM menyeluruh, khususnya di wilayah dengan cakupan vaksinasi mencapai 70 persen.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Sulsel Imran Jausi mengemukakan pembelajaran secara daring atau online masih ada di daerah-daerah yang masih berstatus level 3.

"Sudah PTM 75 persen, sudah jarang yang online lagi. Pembelajaran online itu hanya masih di daerah level-level 3 terhadap kasus Covid-19 dan capaian vaksinasinya belum mencapai 70 persen," ujar Imran.

Menurut Imran, level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) memang tidak lagi ditentukan oleh penyebaran virus corona, tetapi indikatornya ialah capaian vaksinasi.

"Intinya kalau masih level 3 supaya lebih berhati-hati karena level ini masih rendah vaksinnya, seperti Kabupaten Jeneponto itu masih di bawah 70 persen vaksinasinya," ujar Imran.

Menurut Imran, pembukaan sekolah dalam melaksanakan PTM secara 100 persen dilakukan dengan fleksibel dengan catatan memperkuat koordinasi antar pihak yang turut terlibat dalam sektor pendidikan. Yakni mulai dari pihak sekolah, UPT, pengawas sekolah, Dinas Pendidikan serta Dinas Kesehatan.

Pembukaan PTM pada wilayah Sulsel juga masih ada yang bervariasi. Seperti 50 persen digelar secara online dan 50 persen pembelajaran digelar secara tatap muka.

"Ada juga gantian masuk, juga ada yang masih shift-shiftan. Ini karena antara kabupaten/kota kan berbeda-beda. Makanya kami buka ruang fleksibilitas. intinya harus sering berkordinasi, ada apa-apa lapor supaya kita bisa ada langkah-langkah antisipasi. Misalnya sekolah yang di pinggiran-pinggiran kota, mereka kadang berani PTM 100 persen," ujar dia.

Editor : Reza Fajri

Bagikan Artikel: