6 Kali Banjir dalam 2 Bulan, Wagub Sulsel Inginkan Normalisasi Sungai di Luwu

Muhammad Arham Hamid ยท Rabu, 15 Juli 2020 - 10:55 WITA
6 Kali Banjir dalam 2 Bulan, Wagub Sulsel Inginkan Normalisasi Sungai di Luwu
Wagub Sulsel meninjau Sungai Suli di Luwu. (Foto: Istimewa).

MASAMBA, iNews.id - Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, mendorong adanya normalisasi sungai. Sebab dalam dua bulan terakhir sudah ada enam kali banjir di Kabupaten Luwu.

Andi Sudirman menyarankan perlunya normalisasi sungai dengan dengan melibatkan Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang. Tujuannya agar banjir seperti ini tidak sampai terulang kembali.

"Harus duduk bersama karena ini bukan pekerjaan kecil," kata Andi Sudirman saat meninjnau Sungai Suli di Kabupaten Luwu, Sulsel, Selasa (14/7/2020) kemarin sore.

Sekitar satu pekan sebelumnya, puluhan desa dan kelurahan di Kabupaten Luwu terendam banjir. Ada empat wilayah terendam air, di antaranya Kecamatan Suli, Suli Barat, Larompong, dan Larompong Selatan.

Selain itu, dia menilai, perlu penyisiran di hulu, sehingga ada intervensi untuk mencegah alih fungsi lahan atau penebangan hutan. Upaya yang dilakukan bisa dengan penataan dan penghijauan kembali.

Andi Sudirman kemudian meninjau korban banjir bandang di wilayah Masamba, Kabupaten Luwu Utara. Dalam musibah tersebut, ribuan rumah warga terendam air dan banyak korban meninggal dunia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal