3.000 Orang Terlibat dalam Disinfektan Massal di Makassar

Muhammad Arham Hamid ยท Minggu, 21 Juni 2020 - 11:35 WIB
3.000 Orang Terlibat dalam Disinfektan Massal di Makassar
Penyemprotan disinfektan menggunakan mobil pemadam kebakaran. (Foto: Antara).

MAKASSAR, iNews.id - Sebanyak 3.000 orang terlibat dalam kegiatan penyemprotan disinfektan massal di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Kegiatan ini berlangsung selama satu bulan penuh setiap Sabtu dan Minggu.

Penjabat Wali Kota Makassar, Yusran Jusuf mengatakan, kegiatan ini sudah mulai sejak Sabtu (20/6/2020) kemarin. Ribuan orang terlibat mulai dari personel gabungan, relawan hingga warga.

"Dua kegiatan besar di Makassar, yakni penyemprotan disinfektan dan mengawal peraturan wali kota mengenai protokol kesehatan," kata Yusran di Kota Makassar, Sulsel, Minggu (21/6/2020).

Sekitar 3.000-an orang tersebut, kata dia, dari personel gabungan di antaranya Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Pemadam Kebakaran, BPBD. Kemudian dari petugas dari kecamatan, kelurahan, PMI, warga.

"Termasuk dari anggota TNI dan Polri," ujar dia.

Selain personel, penyemprotan ini juga 14 unit kendaraan water gunner berkapasitas 8.000 liter, enam unit dengan kapasitas 6.000 liter, 2.500 unit disiinfektan sprayer serta pemadam motor 800 liter 14 unit.

"Saya memberikan penghargaan tinggi untuk personel yang turun langsung. Semoga apa yang dilakukan ini dapat memotong rantai virus Covid-19. Tetap jaga kesehatan," ujar Yusran.

Kota Makassar merupakan daerah episentrum virus corona. Sebagian besar kasus Covid-19 di Sulsel berasal dari daerah tersebut. Karena itu pemerintah pun mulai tegas menggalakkan peraturan protokol kesehatan.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal