30 Formasi CPNS di Pangkep Tidak Ada Peminat, Tidak Semua di Daerah Terpencil

Antara ยท Selasa, 20 Juli 2021 - 12:55:00 WITA
30 Formasi CPNS di Pangkep Tidak Ada Peminat, Tidak Semua di Daerah Terpencil
Pemeriksaan peserta tes CPNS sebelum memasuki ruangan. (Foto : Antara)

PANGKEP, iNews.id - Badan Kepegawaian, Pengembangan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pangkep menyebut 30 formasi calon ASN 2021 belum ada peminatnya. Padahal tidak semua untuk ditempatkan di daerah terpencil.

"Ada 30 jabatan yang belum ada pelamarnya hingga sekarang. Bahkan ada juga yang bukan daerah terpencil tetapi belum ada pendaftarnya," kata Kepala BKPSDM Pangkep, Fharmawaty, di Kabupaten Pangkep, Senin (19/7/2021).

Pemerintah Kabupaten Pangkep memperoleh kuota CPNS sebanyak 1.956 orang, 1.708 di antaranya formasi khusus PPPK guru dan sisanya untuk PPPK tekhnis dan CPNS umum.

Secara geografis, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) merupakan salah satu daerah yang memiliki banyak wilayah terpencil di Sulawesi Selatan.

"Namun untuk daerah yang berada di kota, bukan kepulauan, sama juga. Tidak ada peminatnya sama sekali," ujar Fharmawaty.

Dari 30 formasi yang masih kosong, hanya ada tujuh daerah di antaranya merupakan wilayah kepulauan, seperti pada Kepulauan Liukang Kalmas.

Adapun formasi yang belum ada peminatnya di kepulauan terluar tersebut yakni dokter, nutrisionis, penyuluh kesehatan masyarakat dan perekam medis.

Fharma menyebutkan bahwa profesi dokter dpesialis menjadi formasi yang hingga saat ini sama sekali belum ada pendaftarnya, termasuk pada lowongan di rumah sakit umum daerah Kabupaten Pangkep.

Sementara formasi dengan pendaftar terbanyak di yakni Satpol PP pemula yang disiapkan 20 kuota, dengan kualifikasi pendidikan terakhir SMA.

"Satpol PP pemula itu pendaftarnya sudah mencapai 2.300 orang. Ini memang sangat fantastis, apalagi ada perpanjangan waktu sampai 26 Juli 2021," katanya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: