25 Pegawai Unhas Positif Covid-19, Masuk Kategori OTG

Antara ยท Rabu, 24 Juni 2020 - 11:55 WIB
25 Pegawai Unhas Positif Covid-19, Masuk Kategori OTG
Universitas Hasanuddin Makassar. (Foto: Istimewa).

MAKASSAR, iNews.id - Sebanyak 25 pegawai Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar terkonfirmasi positif Covid-19. Mereka masuk kategori orang tanpa gejala atau OTG karena dalam sampai sekarang dalam kondisi sehat.

Adapun 25 orang ini dipastikan positif virus corona setelah menjalani tes swab massal pada 16-17 Juni 2020 terhadap 37 pegawai Unhas Makassar yang sebelumnya reaktif hasil rapid test.

Ketua Tim Satgas Covid-19 Unhas, Prof dr Budu mengatakan, pada awalnya ditemukan 17 pegawai yang reaktif. Namun setelah semuanya menjalani rapid test, ditemukan sebanyak 37 orang diduga terpapar Covid-19.

"Sesuai standar pencegahan penularan virus corona, seluruh pegawai ini kemudian diminta melakukan karantina mandiri dan melakukan test swab," kata Prof Budu di Kota Makassar, Sulsel, Rabu (24/6/2020).

Unhas telah menerima hasil pemeriksaan swab (PCR) terhadap ke-37 pegawai yang reaktif pada Selasa (23/6/2020) kemarin. Sebanyak 25 pegawai terkonfirmasi positif, namun tidak memiliki gejala klinis.

"Seluruh pegawai yang dinyatakan positif tersebut kondisinya dalam keadaan sehat, tidak ada gejala sakit apapun yang kita temukan," ujarnya.

Dekan Fakultas Kedokteran ini menjelaskan, screening (pemeriksaan) terhadap seluruh pegawai Unhas ini merupakan langkah yang sangat tepat. Jika tidak, mereka berpotensi menjadi sumber penularan baru.

"Coba bayangkan kalau kita tidak melakukan pemeriksaan massal. Mereka ini tentu bisa menjadi sumber penularan bagi ribuan pegawai lainnya," ujar dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal