2 Pohon Besar Tumbang di Jalan Trans Sulawesi Palopo, Lalu Lintas Lumpuh Berjam-jam

Nasruddin Rubak ยท Sabtu, 08 Februari 2020 - 12:45 WIB
2 Pohon Besar Tumbang di Jalan Trans Sulawesi Palopo, Lalu Lintas Lumpuh Berjam-jam
Petugas dibantu warga mengevakuasi pohon tumbang di Jalan Trans Sulawesi Palopo. (Foto: iNews/Nasruddin Rubak).

PALOPO, iNews.id - Dua pohon tumbang menutupi Jalan Trans Sulawesi di Kota Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel), Sabtu (8/2/2020) dini hari. Kejadian ini membuat akses lalu lintas di wilayah tersebut lumpuh total selama berjam-jam.

Peristiwa ini terjadi di Jalan Trans Sulawesi bagian Utara, tepatnya di Kelurahan Buntu Datu, Kecamatan Bara. Dua pohon yang tumbang ini berukuran besar, sehingga warga dibantu petugas tampak kesulitan mengevakuasinya ke pinggir jalan.

Pantauan iNews, warga bersama para pengendara dibantu petugas pemadam kebakaran (Damkar) bergotong royong memotong ranting pohon dengan menggunakan alat seadanya.

Mereka lalu memindahkan batang dan ranting itu agar tak menghalangi jalan tersebut. Selain peralatan terbatas, proses evakuasi juga terkendala hujan lebat yang terus mengguyur wilayah itu.

Jalan baru bisa dibuka kembali setelah petugas Damkar Palopo menurunkan alat gergaji mesin untuk memotong batang pohon tumbang itu. Sekitar satu jam kemudian, akses di sana berhasil dibuka kembali.

Meski tidak sampai menimbulkan korban jiwa, namun adanya pohon tumbang ini membuat arus lalu lintas di Jalan Trans Sulawesi tersendat. Pengendara harus bersabar dan antre selama kurang lebih dua jam untuk bisa melintas kembali.

Warga menduga, pohon tumbang ini akibat hujan deras disertai angin kencang yang melanda daerah tersebut sejak Jumat (7/2/2020) malam.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal