2 Bulan Banjir Rendam Wajo, Tinggi Muka Air Mencapai 3 Meter

Amnar Sengkang ยท Sabtu, 11 Juli 2020 - 11:55 WIB
2 Bulan Banjir Rendam Wajo, Tinggi Muka Air Mencapai 3 Meter
Kondisi warga menghadapi bencana banjir di Wajo yang semakin parah. (Foto: iNews/Amnar).

SENGKANG, iNews.id - Banjir yang melanda Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan (Sulsel), akibat meluapnya Sungai Walenae kian parah. Ribuan rumah tergenang dengan tinggi muka air mencapai tiga meter.

Pantauan iNews, sebagian besar warga masih enggan untuk mengungsi. Mereka membuat balai-balai dari bambu untuk bertahan di tengah kepungan banjir selama dua bulan terakhir.

Data yang dihimpun, banjir merendam 7.989 rumah warga dengan ketinggian muka air bervariasi, mulai dari 50 sentimeter hingga tiga meter. Warga yang terdampak banjir sebanyak 10.829 orang.

Ada 4.012 hektare sawah dan 1.222 hektare perkebunan digenangi air. Selain itu 12 masjid atau rumah ibadah, 22 sekolah dan 10 sarana kesehatan yang juga terendam banjir.

Daerah di pesisir Danau Tempe, Kabupaten Wajo, memang sudah lama menjadi langganan banjir. Namun kali ini penanggulangannya terbilang lebih lama, karena sudah dua bulan aktivitas mereka lumpuh.

Warga membutuhkan bantuan dan donasi berupa bahan pokok makanan, peralatan mandi, air bersih dan perlengkapan lainnya. Mereka berharap pemerintah segera memberikan santunan kepada korban banjir.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal