17 Daerah di Sulsel Siaga Banjir karena Hujan Lebat hingga Hari Ini

Antara · Selasa, 23 Februari 2021 - 09:35:00 WITA
17 Daerah di Sulsel Siaga Banjir karena Hujan Lebat hingga Hari Ini
Banjir menggenangi jalan Trans Sulawesi setelah hujan lebat. (Foto: Antara).

MAKASSAR, iNews.id - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar menyebut ada 17 daerah di Sulawesi Selatan (Sulsel) yang masuk kategori siaga banjir. Hujan lebat berpotensi mengguyur daerah tersebut awal pekan ini.

Prakirawan BMKG Makassar, Nur Asia mengatakan, hujan lebat berpotensi terjadi hingga Selasa (23/2/2021) pagi hari ini.

Adapun 17 daerah yang dinyatakan siaga untuk antisipasi banjir diantaranya adalah seluruh wilayah Luwu dan Kota Palopo, Tana Toraja. Toraja Utara, Barru, Soppeng, Sidenreng, Wajo, Jeneponto, Gowa, Maros dan dua kota yakni Kota Parepare dan Makassar.

Sedang tujuh daerah lainnya dinyatakan dalam posisi waspada untuk terdampak banjir akibat hujan lebat.

Menyikapi kondisi tersebut, masing-masing pihak kesyahbandaran daerah itu memperingati para nelayan untuk memperhatikan kondisi cuaca sebelum turun melaut.

Dengan begitu keselamatan para nelayan dapat terjaga, mengingat ketinggian ombak pada saat hujan lebat, juga cenderung tinggi antara 1,5 meter - 2,5 meter.

Sementara itu Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah mengaku,sudah mewanti-wanti pada semua pihak, termasuk BPBD masing-masing daerah untuk dapat mengantisipasi bencana banjir.

"Khusus di wilayah perkotaan, diimbau agar memperhatikan kebersihan got, kanal dan sungai, sehingga pada saat hujan tidak terjadi genangan," kata Nurdin di Kota Makassar, Sulsel, Senin (22/2/2021).

Editor : Andi Mohammad Ikhbal