Tembok setinggi 3 meter bekas bangunan lapas Belanda roboh dan menimpa seorang pekerja. (Foto: Wahyu Ruslan/iNews)
Wahyu Ruslan

MAROS, iNews.id - Seorang pekerja proyek di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan (Sulsel), bernama Mansur Daeng Tompo (28), warga Kecamatan Bangkala, Jeneponto, Sulsel, terpaksa di larikan ke rumah sakit usai tertimbun tembok setinggi tiga meter yang dirobohkan. Akibat kejadian itu, korban mengalami luka parah di bagian wajah, mulut, dan gigi patah, sementara dua pekerja lainnya selamat.
  
Diketahui, reruntuhan tembok roboh ini merupakan tembok pagar bangunan lapas bekas jaman Belanda yang masih dalam proses pengerjaan proyek pembangunan rehab gedung untuk dijadikan lembaga pembinaan khusus anak kelas dua Maros. 

Kasat Reskrim Polres Maros Iptu slamet mengatakan, kejadian ini berawal saat korban bersama dua rekannya tengah mengebor dinding tembok setinggi tiga meter untuk dirobohkan.

Saat proses pembongkaran, sambungnya, tiba-tiba tembok tersebut runtuh dan menimpa salah seorang pekerja, sementara dua pekerja lainnya berhasil menghindar saat kejadian.
 
"Korban mengalami luka parah di bagian wajah, mulut, dan gigi patah, sementara masih menjalani perawatan medis di ruangan instalasi gawat darurat (IGD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Maros," katanya. 

"Ini proyek pembangunan rehab gedung untuk dijadikan  lembaga pembinaan khusus anak kelas dua maros," sambungnya.

Selain mengecek lokasi kejadian dan kondisi korban, polisi juga masih menyelidiki penyebab robohnya tembok yang menimpah pekerja proyek, apakah ada kelalaian kerja.

"Masih dalam proses penyelidikan, apakah terjadi kelalaian atau tidak," ungkapnya. 
  
Beredar di media sosial

Video yang memperlihatkan seorang pekerja proyek tertimpa reruntuhan tembok sempat viral di media sosial.  

Dari rekaman video amatir, tampak terlihat detik-detik kepanikan sejumlah pekerja proyek dan warga sekitar yang berupaya mengevakuasi salah seorang pekerja proyek yang tertimbun reruntuhan puing-puing tembok setinggi tiga meter yang dirobohkan yang terjadi di Kecamatan Turikale, Maros, Sulsel. 
 
Setelah dilakukan beberapa upaya, korban akhirnya berhasil dikeluarkan dari reruntuhan tembok tersebut. 

Saat dievakuasi terlihat korban tidak sadarkan diri, kemudian dibawa ke rumah sakit terdekat dengan menggunakan mobil bak terbuka.


Editor : Candra Setia Budi

BERITA TERKAIT