Wali Kota Makassar Donny Pomanto
Tri Erysandi

JAKARTA, iNews.id - Profil Danny Pomanto Wali Kota Makassar yang ternyata memiliki latar belakang arsitek. Ir H Mohammad Ramdhan Pomanto atau biasa dikenal sebagai Danny Pomanto, lahir di Makassar, Sulawesi Selatan pada 30 Januari 1964. 

Danny Pomanto sudah menjabat sebagai Wali Kota Makassar sejak 8 Mei 2014 dan berpasangan dengan Syamsu Rizal.  

Selain menjabat sebagai Wali Kota Makassar, Danny Pomanto juga merupakan seorang dosen dan mengajar di Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (Unhas).

Berikut profil Danny Pomanto yang iNews.id rangkum dari beberapa sumber.

Lahir dari keluarga berdarah Gorontalo

Danny Pomanto memiliki kedua orang yang berasal dari Gorontalo, ayahnya bernama Buluku Pomanto yang berprofesi sebagai pegawai negeri, sedangkan ibunya seorang guru bernama Aisyah Abdul Razak. Meski demikian, dirinya menyebut bahwa Makassar sudah menjadi kampung halaman baginya. 

Danny menghabiskan masa sekolah di Makassar mulai dari SD Lanto Daeng Pasewang (1970-1975), SMP Negeri 5 Makassar (1976-1978) sampai dengan SMA Negeri 1 Makassar (1979-1981). 

Memulai karir sebagai arsitek dan konsultan tata kota 

Sebelum menjadi Wali Kota Makassar, Danny memulai karirnya sebagai arsitek dan konsultan tata kota pada tahun 1989. Sudah banyak proyek yang ia kerjakan antara lain urban planning, desain arsitektur, desain interior, surveyor, construction management, supervising dan masih banyak lagi.

Hasil desain Danny Pomanto sudah banyak dinikmati oleh warga Makassar karena banyak bangunan di Makassar adalah hasil desainnya seperti renovasi Masjid Raya Makassar medio 1999-2005, gedung Private Care Center RS Wahidim Sudirohusodo.

Lalu, pengembangan gedung kampus Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Barombong, revitalisasi area Pantai Losari, pembuatan Pantai Akkarena, Wisma Negara Centre Point of Indonesia (CPI), dan masih banyak lagi.

Rancangan bangunan Danny tidak hanya ada di Makassar saja. Di luar Makassar juga ada, seperti  Kantor Gubernur Gorontalo, Masterplan Ambon Waterfront City, Masterplan Teluk Palu di Sulawesi Tengah serta pengembangan Teluk Pacitan di Jawa Timur. Terdapat lebih dari 600 karya Danny Pomanto yang tersebar di berbagai kota. 

Selain sebagai arsitek dan konsultan tata kota, Danny Pomanto juga menjadi dosen dan mengajar di Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Unhas.

Awal terjun ke dunia politik 

Danny Pomanto pertama kali turun ke dunia politik saat mencalonkan diri sebagai Gubernur Gorontalo pada pilkada 2011 dengan pasangan Sofyan Puhi. Namun, saat itu ia tidak lolos karena tidak memenuhi persyaratan minimal jumlah suara partai politik pengusung. 

Usai pencalonan itu, Danny mengaku sempat trauma untuk berpolitik lagi. Namun, kegagalan itu tidak membuatnya untuk berhenti berpolitik hingga sampai akhirnya ia memutuskan untuk kembali mencalonkan diri sebagai Wali Kota Makassar di tahun 2013 dengan menggandeng Syamsu Rizal. 

Saat itu, banyak yang tertarik dengan pasangan ini karena dianggap memiliki visi misi yang dapat memajukan Kota Makassar dan mengerti kondisi warga Makassar. Kemudian, pasangan ini pun menang. 

Jabat dua periode 

Setelah menjabat Wali Kota Makassar periode 2014-2019, Dany Pomanto pun memutuskan untuk kembali maju sebagai Calon Wali Kota Makassar dengan mengandeng Fatmawati Rusdi yang merupakan salah satu anggota DPRD.

Dengan membawa slogan 'Sombere dan Smart City” di periode kedua ini, Danny yakin bisa membawa Makassar untuk berkembang melalui teknologi namun tidak melupakan budaya lokal. 

Pasangan yang memiliki akronim ADAMA ini terpilih sebagai Walikota dan Wakil Wali Kota Makassar setelah menang dengan perolehan suara 41,3 persen. 

Prestasi Danny Pomanto

Warga Makassar mengaku bahwa kotanya semakin maju dan bersih semenjak dipimpin oleh Danny Pomanto. Selain itu, Danny Pomanto juga mendapatkan penghargaan Best Overall pada acara malam Inagurasi Visionary Leaders (IVL) yang diadakan MNC Portal.

Pemimpin Kota Makassar ini juga mendapatkan penghargaan hak paten dari Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia atas Desain rumah pasca-bencana tipe panggung, non panggung dan tipe nelayan.

Itulah profil Danny Pomanto Wali Kota Makassar, pemimpin yang dicintai warganya berkat kinerjanya yang membuat kota tersebut berkembang.


Editor : Candra Setia Budi

BERITA TERKAIT