Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. (Foto: Istimewa).
Antara

MAKASSAR, iNews.id - Plt Gubernur Andi Sudirman Sulaiman menyambut baik rencana rekrutmen 10.000 lulusan SMK di Sulsel untuk bekerja di Jepang. Peluang ini kerja sama PT IKI dengan ASEAN Nagoya Club (ANC) Japan.

"Alhamdulillah, ini merupakan kabar baik untuk menjadi peluang bagi para anak-anak kami lulusan SMK di Sulawesi Selatan," kata Andi Sudirman Sulaiman di Kota Makassar, Sulsel, Kamis (2/12/2021).

ASEAN Nagoya Club (ANC) Japan merupakan asosiasi perusahaan Jepang yang bergerak dalam kerja sama bidang akademik dan pengembangan karier di Jepang.

Menurut Andi Sudirman, kerja sama ini sebagai sinergitas Pemprov Sulsel bersama perusahaan berpelat merah tersebut. Ada 10.000 lulusan SMK yang siap direkrut bekerja di Jepang nantinya.

Sementara itu, Direktur Utama PT IKI, Diana Rosa menyampaikan, banyak peluang untuk anak-anak Indonesia bekerja di Jepang, karena di negara itu penduduknya sedikit, sehingga mereka membutuhkan banyak tenaga kerja.

"Karena itu ada asosiasi yang sudah diakui oleh kementerian tenaga kerja Jepang (ANC Japan) untuk membantu mencari anak-anak Indonesia yang mau berkembang dan berkarir di Jepang," ujarnya.

Dia menjelaskan 10.000 pekerja itu terbagi dalam 14 sektor, di antaranya perhotelan, industri permesinan, industri mobil, pertanian dan perkapalan.

Mereka nantinya akan menjalani kursus bahasa Jepang selama enam bulan dan menjalani tes sebelum berangkat ke Negeri Sakura itu.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal

BERITA TERKAIT